Jumat, 17 Februari 2012

Selamat Ulang Tahun Solo Tercinta :)

Bismillahirrahmanirrahim

Ya hari ini tanggal 17 Februari 2012 adalah ulang tahun kota Solo yang ke 267. Temanya "SOLO BERSERI SOLO BERKESAN". Selamat Ulang Tahun kota tempat dimana aku menimba ilmu sejak SMP. Tetap Berseri, Nyaman,  Ramah pada segala kalangan. Kagum pada Solo dibawah pimpinan Pak Jokowi.


GREAT! Banyak acaranya yang diadakan untuk memeriahkan ulang tahun kota tercinta ini salah satunya Festival Jenang Solo yang hari ini ada di kawasan Ngarsopuro, tahu kan? Itu lho daerah depan Keraton Mangkunegaran. Festival Jenang Solo yang direncanakan akan dibuka langsung pada pukul 09.00 WIB oleh Walikota Solo, Joko Widodo, sampai pukul 09.20 WIB belum dimulai. Jokowi dan rombongan diperkirakan masih berada di Stadion R Maladi Sriwedari mengikuti upacara peringatan hari jadi ke-267 Kota Solo. Pada Festival Jenang Solo yang diadakan di Ngarsopuro, Jumat (17/2/2012) ini akan dibagikan sekitar 10.000 jenang untuk masyarakat secara cuma-cuma.


Salah satu stan yang menyediakan aneka jenang adalah dari Pura Mangkunegaran yang menyediakan 17 macam jenang yang disediakan untuk pengunjung. Macam-macam jenang yang disediakan antara lain jenang grendul, jenang ketan item, jenang jagung, jenang sungsum, jenang garut, dan lain-lain. Festival Jenang Solo merupakan salah satu rangkaian acara HUT Kota Solo ke-267. Koridor Ngarsopuro pun telah dipenuhi masyarakat. Festival ini diikuti 62 stan dari berbagai instansi.

Rangkaian peringatan HUT ke-267 Kota Solo berlanjut Jumat (17/2/2012) malam ini dengan panggung hiburan dan pagelaran wayang kulit di halaman depan Balaikota Solo. Panggung hiburan menampilkan penyanyi legendaris Solo, Waldjinah.

Dengan diiringi grup kolintang modern Sekar Gita dan Sanggar Palem Jakarta, Waldjinah tampil membawakan dua lagu terkenal yaitu Walang Kekek dan Putri Solo. “Semoga musik kolintang di Solo akan kembali maju,” kata Waldjinah di atas panggung.

Pertunjukan ini mendapat perhatian besar dari warga yang memenuhi halaman Balaikota. Salah satu penonton, Novita, mengaku dirinya sangat tertarik dengan pertunjukan malam ini. “Saya tadi awalnya enggak tahu, tapi pas mampir ke sini, ternyata acaranya seru,” jelasnya.

Oh ya besok tanggal 18 Februari 2012 akan ada Solo Wayang Carnaval mulai pukul 14.00 WIB di sepanjang jalan Slamet Riyadi. Start lapangan Kota Barat dan finish Balai Kota Solo. Berdasarkan tweet Pak Walikota beliau akan ikut carnaval ini dengan berbusana tokoh wayang tertua dalam Padhawa Lima yaitu Puntadewa. Be there guys :) Kabarnya  lagi akan ada yang membawakan karakter yuyu kangkang yaitu dari SMAN 2 Surakarta. Wow SMAN 1 Surakarta ikut nggak ya? Hehe. Oh ya tadi PNS diwajibkan memakai baju tradisional lho dalam rangka ulang tahun kota Solo tercinta ini.

1 komentar:

  1. Nambahi info itu foto dan berita sebagian dari web nya solopos http://solopos.com

    Oh ya Pak Jokowi ternyata ga jadi pakai pakaian tokoh Puntadewa tapi Kresna :) Karena waktu itu Solo mendung dan sempat diguyur hujan, saya ga jadi nonton

    BalasHapus